Indramayu Kita

Informasi Lengkap Seputar Indramayu Dan Sekitarnya

Kondisi Terkini Waduk Jati Gede Sumedang

Saat kami jalan jalan menuju kawasan waduk Jati Gede di Sumedang, kami melihat di sekitar jalan menuju waduk jati gede kondisi tanamannya banyak yang mati atau gersang, karena memang kami mengunjunngi waduk ini saat musim kemarau.

Situasi dan kondisinya saat ini, saat kami menuliskan artikel ini adalah pas kami mau masuk ke kawasan waduk jati gede tidak ada diperbolehkan untuk masuk, sehingga kami mencari jalan alternatif di sekitar warga di situ, akhirnya kami dapat menemukan jalan akses untuk melihat-lihat waduk tersebut dari arah dekat.

Sebagai mana di ketahui bahwa Waduk Jatigede merupakan sebuah waduk yang terletak di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Pembangunan waduk ini telah lama direncanakan sejak zaman Hindia Belanda. Waduk ini mulai dibangun tahun 2008 pada masa kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono dan baru diresmikan pada tahun 2015 serta beroperasi penuh pada 2017. 

Menurut cerita warga setempat bahwa waduk ini dibangun dengan menenggelamkan 28 desa dan 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang dengan dengan kapasitas tampung 979,5 juta meter kubik air. 

Seperti halnya waduk lainnya, Waduk Jatigede pun memiliki fungsi utama untuk sarana irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Selain itu juga berfungsi sebagai sarana budidaya perikanan air tawar, sarana olahraga air, sarana rekreasi, dan lain sebagainya. 


Waduk Jatigede difungsikan sebagai pusat pengairan untuk 90.000 hektar lahan pertanian produktif di Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka. Selain itu, air dari Waduk Jatigede juga akan dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berdaya 110 Mega Watt (MW) yang saat ini tengah dibangun oleh PT PLN (Persero). 

Labels: Explore

Thanks for reading Kondisi Terkini Waduk Jati Gede Sumedang. Please share...!

Back To Top